TUGAS & WEWENANG

DESKRIPSI KERJA DEWAN PENGARAH
1.        Menetapkan visi, misi dan tujuan;

2.        Menetapkan program kerja

3.        Mengesahkan anggaran belanja LSP-AI;

4.        Mengangkat dan memberhentikan pengurus/ pelaksana LSP-AI;

5.        Melakukan komunikasi dengan stakeholder

6.        Melakukan mobilisasi sumber daya

7.        Melakukan pengawasan internal lembaga

8.        Menetapkan keputusan perubahan Anggaran Dasar.

9.        Mengesahkan program kerja dan Laporan Tahunan Pelaksana.

10.     Memberikan laporan kepada induk organisasi Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI).

DESKRIPSI KERJA PELAKSANA
Direktur : 1.  Menyusun dan melaksanakan program kerja LSP.

2.  Menyusun rencana dan strategi anggaran.

3.  Melakukan monitoring dan evaluasi program kerja LSP.

4.  Memimpin setiap rapat pleno LSP.

5.  Memberikan kebijakan strategis dan efektif.

6.  Mengembangkan networking antar lembaga dalam rangka publikasi dan promosi.

7.  Memberikan laporan dan bertanggungjawab kepada Dewan Pengarah.

Wakil Direktur : 1.  Menyusun dan melaksanakan program kerja LSP.

2.  Membantu direktur menyusun rencana anggaran.

3.  Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan anggaran LSP.

4.  Memimpin setiap rapat pleno LSP, apabila direktur berhalangan hadir.

5.  Membantu direktur memberikan masukan kebijakan strategis dan efektif.

6.  Membantu direktur mengembangkan networking antar lembaga dalam rangka publikasi dan promosi.

Manajer Adm & Keuangan : 1.  Memfasilitasi unsur-unsur LSP guna terselenggarannya program sertifikasi profesi.

2.  Melaksanakan tugas-tugas ketatausahaan organisasi LSP,

3.  Memelihara informasi sertifikasi kompetensi/ pengarsipan dokumen

4.  Menyusun laporan kegiatan LSP tiap tahun.

5.  Mengelola dan menyusun keuangan operasional LSP.

6.  Menerima permohonan sertifikasi dan keluhan asesi.

7.  Menjadwalkan & melaporkan setiap rencana kegiatan LSP.

Manajer Sertifikasi : 1.  Memfasilitasi penyusunan skema sertifikasi.

2.  Menyiapkan perangkat asesmen dan penyusunan materi uji kompetensi (MUK)

3.  Melaksanakan kegiatan sertifikasi, termasuk pemeliharaan kompetensi dan sertifikasi ulang.

4.  Menetapkan persyaratan tempat uji kompetensi (TUK).

5.  Melaksanakan verifikasi dan menetapkan TUK.

6.  Melakukan rekrutmen asesor kompetensi serta pemeliharaan kompetensinya.

Manajer Mutu : 1.    Mengembangkan dan menerapkan sistem manajemen mutu LSP sesuai Pedoman BNSP.

2.    Memelihara berlangsungnya sistem manajemen agar tetap sesuai dengan standar dan pedoman yang diacu.

3.    Melakukan audit internal dan memfasilitasi kaji ulang manajemen.

4.    Menyusun dan melaksanakan langkah strategis pengendalian mutu.

DESKRIPSI KERJA KOMITE SKEMA
1.     Merumuskan skema sertifikasi sesuai dengan bidang komisinya

2.     Menyusun pengembangan skema sertifikasi sesuai dengan bidang komisinya

3.     Menetapkan penambahan atau pengurangan ruang lingkup sertifikasi

4.     Memelihara skema sertifikasi yang telah dimiliki